fs@uinkhas.ac.id -

ANNIVERSARY KE-3, DEKAN FAKULTAS SYARIAH HARAPKAN MEDIA CENTER JADI WAJAH GERAKAN INTELEKTUAL

Home >Berita >ANNIVERSARY KE-3, DEKAN FAKULTAS SYARIAH HARAPKAN MEDIA CENTER JADI WAJAH GERAKAN INTELEKTUAL
Diposting : Rabu, 26 Sep 2022, 15:04:53 | Dilihat : 33 kali
ANNIVERSARY KE-3, DEKAN FAKULTAS SYARIAH HARAPKAN MEDIA CENTER JADI WAJAH GERAKAN INTELEKTUAL


Media Center – Media Center Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember merupakan inisiasi dari Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor. Harisudin, M.Fil.I., pada 2019 lalu. Bertepatan dengan Hari Jadi yang ke-3, segenap Tim Media Center mengadakan peringatan Anniversary Media Center yang ke-3 dan Talkshow, pada Minggu (25/09) bertempat di Ruang C4 Fakultas Syariah UIN KHAS Jember pukul 09.00 sampai selesai. 

Acara ini mengusung tema, “Membangun Jiwa Jurnalistik Mahasiswa untuk Menghadapi Modernisasi Media” dengan tiga narasumber yaitu, Aryudi A razaq, S.Pd.I., Redaktur Media Jatim Group, Dr. Siti Raudhatul Jannah, M.Med., Kom., Dosen Komunikasi Jurnalistik UIN KHAS Jember, serta Erni Fitriani, Ketua 1 Bidang Jurnalistik Media Center. Hadir pula Nury Khoiril Jamil, S.H., Ketua Umum Media Center dan Prof. Dr. M. Noor Harisudin M.Fil.I., Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Moh. Ramdhan Harisuddin sebagai Ketua Panitia memaparkan alasan mengambil tema tentang modernisasi media, karena sebagai jurnalis penting untuk memiliki kepekaan terhadap perubahan zaman.

“Hari ini tepat pada tanggal 25 September 2022, merupakan Anniversary Media Center yang ke-3 sekaligus talkshow. Semoga kita semua dapat menimba ilmu dari para pemateri yang keren ini,” tutur Ramdhan dalam sambutannya.

Nury Khoiril Jamil, S.H., turut memberikan sambutan dalam acara Anniversary Media Center yang ke-3. Menurutnya, dengan terselenggaranya acara anniversary menunjukkan bahwa sampai saat ini Fakultas Syariah UIN KHAS Jember tetap eksis di bidang pengembangan keilmuan.

“Hadirnya adik-adik di lingkungan Media Center ini merupakan orang terpilih, selain belajar tentang jurnalistik  kita juga mempelajari ilmu lain seperti  penulisan karya ilmiah,” ucapnya.

Dalam sambutannya juga, Jamil mengucapkan selamat ulang tahun juga kepada Dekan Fakultas Syariah yaitu Prof. Dr. M. Noor  Harisudin, M.Fil.I., yang sedang berulang tahun  di hari yang sama dengan Media Center Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yaitu pada tanggal 25 September.

Berikutnya, Prof. Dr. M. Noor  Harisudin, M. Fil. I., memberikan selayang pandang berdirinya Media Center. Pertama kali Fakultas Syariah mengadakan pelatihan jurnalistik pada tahun 2019 yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa Fakultas Syariah. Kemudian beberapa orang tersebut berdiskusi untuk pengelolaan website Fakultas Syariah ke depan.

“Fakultas Syariah tidak pernah berhenti untuk berinovasi dengan terus mengadakan kegiatan-kegiatan, sehingga menjadi tempat ahlinya jurnalistik, pemikir, dan juga ahli intelektual,” ungkap Prof. Haris yang juga Pembina Media Center Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Bagi Prof. Haris, banyak capaian yang sudah diraih oleh Tim Media Center, seperti konsistensi dalam meliput berita, menjadi narasumber dalam beberapa even, mengelola jurnal dan juga beberapa kali menerbitkan buku. Namun,  itu semua tidak boleh menjadi alasan berpuas diri. Tidak boleh berhenti, harus terus ada inovasi dan belajar dengan kampus-kampus lain yang lebih baik.

“Ada beberapa inovasi baru yang perlu kita tingkatkan ke depan, seperti rumah literasi, Syariah Writing Day, dan lain-lain. Intinya Media Center harus menjadi wajah dari gerakan intelektual,” pungkas Prof. Harus yang juga Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN Se-Indonesia.

 

Reporter : Inayah Nurul Izza

Editor : Arinal Haq

;