syariah@uinkhas.ac.id -

KOMPRES GELAR LEGAL CAREER CLASS, PRAKTISI HUKUM HINGGA DIPLOMAT BAGIKAN KUNCI SUSKESNYA

Home >Berita >KOMPRES GELAR LEGAL CAREER CLASS, PRAKTISI HUKUM HINGGA DIPLOMAT BAGIKAN KUNCI SUSKESNYA
Diposting : Senin, 28 Nov 2022, 16:10:35 | Dilihat : 193 kali
KOMPRES GELAR LEGAL CAREER CLASS, PRAKTISI HUKUM HINGGA DIPLOMAT BAGIKAN KUNCI SUSKESNYA


Media Center- Karir yang cemerlang tentu menjadi impian setiap mahasiswa. Demi tunjang wawasan tentang karir di bidang hukum, Komunitas Peradilan Semu (KOMPRES) Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember mengadakan Legal Career Class pada Minggu 27/11 dengan tema “Set Your Strategy and Preparing for Legal Career Journey”

Dihadiri langsung oleh praktisi yang memiliki segudang pengalaman yaitu Jani Takarianto, S.H., M.H., C.M.C. merupakan Advokat, Mediator dan menjabat sebagai Koordinator Wilayah PERADI Jawa Timur,  Umar Badarsyah selaku Diplomat Kementerian Luar  Negeri RI, Nur Latifah Hanum, S.H., M.H. Sslaku Hakim Pengadilan Agama Ngamprah dan juga Hana Magdalena, S.H.  selaku Analis Penuntutan Kejaksaan Negeri Kota Kediri.

Direktur KOMPRES yakni Yuavis Sa’adah menerangkan pentingnya mahasiswa syaraih dan hukum memperluas pengetahuan karir profesi hukum agar mahasiswa memiliki pandangan sebelum terjun di dunia kerja khususnya di bidang praktisi.

“Perlunya para yuris muda memeperluas, memperkuat relasi dan pengetahuan terkait apa saja profesi di dunia hukum dan di mana saja sebagai mahasiswa hukum dapat berkarir,” pungkasnya yang juga Sekretaris Wilayah Jawa II HKPSI.

Baginya, kegiatan Legal Career Class merupakan bagian yang terintegral dalam mengatur prosedur proses penguatan di dunia profesi penegak hukum sebagai wujud dari penegakan hukum yang memiliki sikap integritas moral yang berkeadilan.

Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor. Harisudin, M.Fil.I berharapan dengan diselenggarakannya acara ini agar KOMPRES selalu memberikan program kegiatan yang terbaik untuk mahasiswa khususnya mahasiwa Fakultas Syariah.

“Acara Legal Career Class ini penting dan sangat dibutuhkan mahasiswa.  Jadi apa saja yang dibutuhkan untuk mahasiswa hukum menjadi sangat penting untuk dipelajari sebagai bekal pasca lulus,” ungkapnya yang juga Ketua PP APHTN HAN.

Prof. Harisudin menambahkan bahwa, KOMPRES agar terus berinovasi dan bergerak untuk melakukan yang terbaik, program KOMPRES harus dan selalu memberikan program yang terbaik untuk Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dan membuat program yang lebih dahsyat lagi di masa-masa yang akan datang.

Jani Takarianto, S.H, M.H., C.M.C memaparkan materi mengenai beberapa hal dan syarat penting untuk menjadi seorang advokat, serta motivasi untuk menjadi advokat.

“Ada 4 Motivasi yang bisa diterapkan dan disiapkan agar menjadi advokat, yaitu percaya diri, menjaga komitmen dan integritas, memiliki modal baik itu modal uang maupun keilmuan, dan juga berbagi dengan sesame,” jelas Konsiliator Managing Partner Kantor Advokat Jani Takarianto dan Rekan itu.

Selain menyuguhkan materi tentang profesi advokat, pada acara ini juga disajikan materi berkaitan dengan profesi Diplomat yang disampaikan oleh pemateri kedua yaitu Umar Badarsyah menyampaikan tentang kegiatan, syarat, dan tahapan menjadi diplomat. Lebih lanjut Badarsyah juga memberikan tips untuk menjadi Diplomat Kementrian Luar Negeri,

“Persiapkan penguasaan materi, perhatikan dengan serius urusan administrasi, persiapkan kemampuan bahasa, pantau berita internasional dan berita pada website Kemenlu adalah beberapa tips untuk menjadi Diplomat,” pungkasnya.

Pada sisi Hakim, yakni Nur Latifah Hanum, S.H., M.H. menyampaikan materi terkait profesi hakim mulai dari lingkup kerja hakim, tantangan menjadi hakim, hingga pada tahapan seleksi hakim.

“Tips dan trik agar lolos menjadi hakim yang paling utama adalah kuatkan niat dan giatkan belajar. Selain itu, untuk menjadi hakim harus lolos administrasi, TKD, SKB, dan lolos Pendidikan Cakim,” terang Hakim Pengadilan Ngamprah itu.

Tidak kalah menariknya lebih lanjut Pemateri Keempat Hana Magdalena, S.H. menyampaikan mengenai syarat, fungsi dan tugas dan wewenang dari Jaksa. Adapaun syarat untuk menjadi jaksa sudah diatur dalam pasal 9 ayat (1) Jo. Ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Kejaksaan Republik Indonesia dan beberapa syarat lain.

“Selain syarat yang sebagaimana dimaksud pada UU Kejaksaan, seorang jaksa harus lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan Jaksa” terangnya.

Acara yang diselenggarakan secara daring ini diharapkan mampu memberikan stimulus untuk mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember secara khusus yang akan menjajaki dunia kerja pasca lulus menjadi sarjana hukum.

Reporter: Silvia Faizzatur Rosida

Editor: Nury Khoiril Jamil

;