syariah@uinkhas.ac.id -

Mahasiswa IAIN Jember Bangun Negeri di Sudut Timur Bumi Bahari

Home >Berita >Mahasiswa IAIN Jember Bangun Negeri di Sudut Timur Bumi Bahari
Diposting : Jumat, 09 Mar 2018, 16:25:47 | Dilihat : 2962 kali
Mahasiswa IAIN Jember Bangun Negeri di Sudut Timur Bumi Bahari


IAIN Jember – Kolaborasi tiga perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lintas Nusantara di Papua dimulai dengan pelepasan para mahasiswa di masing-masing posko. Para mahasiswa program KKN Lintas Nusantara yang memiliki tagline “Menabur Bakti, Membangun Negeri di Sudut Timur Bahari” ini terdiri dari mahasiswa IAIN Jember, IAIN Palangkaraya dan STAIN Al-Fatah Jayapura dan akan melaksanakan KKN selama kurang lebih dua bulan.

Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Idrus Al-Hamid menjelaskan bahwa mahasiswa yang tergabung dalam program KKN Lintas Nusantara mengemban visi dan misi Kementerian Agama untuk menebar kedamaian dan belajar dari masyarakat. “Mahasiswa peserta KKN lintas nusantara memiliki integritas dan moralitas. Para mahasiswa mewakili nama perguruan tinggi untuk mengembangkan dan mengintegrasikan ilmu dan agama untuk kesejahteraan masyarakat,” demikian pesan Idrus Al-Hamid saat pelepasan mahasiswa KKN Lintas Nusantara di Jayapura, Jumat (9/3).

Idrus juga berpesan agar para mahasiswa tidak perlu menyentuh masalah perbedaan agama dan pemahaman agama. Idrus menekankan agar para mahasiswa banyak mengambil pelajaran dari perbedaan yang terjadi di masyarakat.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Jember Muhibbin mengatakan bahwa program KKN Lintas Nusantara di Papua memprioritaskan pembangunan non fisik. Dikatakan Muhibbin, para mahasiswa akan membentuk majlis taklim yang belum ada dan mengembangkan yang sudah ada.

Muhibbin menambahkan bahwa dalam proses KKN, mahasiswa dapat memberikan pendampingan dan juga memahami masyarakat secara baik. “Karakter dan keunikan masyarakat merupakan kekayaan bahan dasar ilmu yang perlu diolah secara kreatif untuk menghasilkan bangunan ilmu. Ini modal besar mahasiswa untuk ikut membangun negeri dengan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat”, terang Muhibbin.

Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) STAIN Al-Fatah Jayapura Suparto juga menuturkan bahwa para mahasiswa dapat berperan untuk memakmurkan masjid sebagai syiar. Selain itu, dikatakan Suparto, para mahasiswa membantu kelengkapan data desa atau distrik, dan pelbagai kegiatan lainnya dengan mengacu tri dharma perguruan tinggi

Sebagai informasi, mahasiswa IAIN Jember ditempatkan di tiga lokasi yaitu Skouw Sae Kota Jayapura, Arso Kabupaten Keeram, dan Raja Ampat Kabupaten Raja Ampat. (wild/humas)

Berita Terbaru

12 Mahasiswa Fakultas Syariah Lulus Ujian Tertulis Rekrutmen Peserta Kompetisi Nasional Legal Drafting 2024
18 Apr 2024By syariah
Jalur Masuk UM-PTKIN 2024 Resmi Dibuka, 270 Kursi Tersedia di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember
17 Apr 2024By syariah
29 Mahasiswa Fakultas Syariah Ikuti Rekrutmen Peserta Kompetisi Nasional Legal Drafting 2024
16 Apr 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;