syariah@uinkhas.ac.id -

Matangkan Sapta Program Pengembangan, Fakultas Syariah Gelar Workshop Kurikulum Outcome Based Education

Home >Berita >Matangkan Sapta Program Pengembangan, Fakultas Syariah Gelar Workshop Kurikulum Outcome Based Education
Diposting : Kamis, 01 Feb 2024, 07:31:14 | Dilihat : 149 kali
Matangkan Sapta Program Pengembangan, Fakultas Syariah Gelar Workshop Kurikulum Outcome Based Education


Media Center - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan perkembangan inovasi di era global, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) KHAS Jember mengadakan kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Outcome Based Education pada hari Rabu – Kamis, 31 Januari – 02 Februari 2024.

Acara ini dilaksanakan di Aula VIP Lantai II Fakultas Syariah dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Wildani Hefni, M.A., Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN KHAS Jember, Dr. H. Mursalim, M.Ag., Wakil Dekan 1, Dr. Busriyanti, M.Ag., Wakil Dekan 2, Dr. Martoyo, S.H.I., M.H.,  Wakil Dekan 3, Dr. Ahmadiono, M.E.I., Sekretaris Jurusan, seluruh Kooprodi, Gugus Mutu, serta Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. 

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildan Hefni, menjabarkan visi Fakultas dalam memperkuat pendidikan berbasis Outcome Based Education (OBE) yang menempatkan pencapaian sebagai fokus utama.

“Salah satu dari Sapta program pengembangan Fakultas Syariah adalah redesain kurikulum. Kami melakukan gerak cepat untuk segera mengimplementasikan kurikulum OBE. Kegiatan ini dirancang dalam rangka memastikan bahwa kurikulum yang diterapkan dapat mengantarkan mahasiswa berhasil mencapai capaian yang telah ditetapkan,” ungkap Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni, Rabu (31/1/2024) di ruang VIP Fakultas Syariah, Jember.

Ditambahkan Wildan, pihaknya sangat konsen pada upaya memastikan bahwa expected learning outcomes, course learning outcomes, dan lesson learning outcomes, semuanya dapat diwujudkan dengan baik agar lulusan Fakultas Syariah memiliki kualifikasi yang komprehensif berkaitan dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Sementara Wakil Dekan  1, Dr. Busriyanti menjelaskan bahwa workshop ini diselenggarakan di awal tahun dengan harapan kurikulum dan RPS OBE untuk semester mendatang dapat diimplementasikan. Menurutnya, penyusunan CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (sub-CPMK) dapat dipersiapkan dengan baik. 

”Keselarasan antara CPL, CPMK, dan Sub-CPMK menjadi kunci utama dalam pembentukan RPS (Rencana Pembelajaran Semester), yang memastikan bahwa setiap komponen kurikulum terintegrasi dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa Fakultas Syariah,” ungkap wakil dekan I Dr. Busriyanti. 

Kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum dan RPS Berbasis OBE ini menghadirkan dua narasumber, yakni Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag. (Ketua Umum POSDHESI dan Sekretaris Program Studi S3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Zeiburhanus Saleh, S.S., M.Pd. (Kepala Pusat Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran LPM UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). 

Acara ini diharapkan menjadi langkah awal yang signifikan dalam upaya Fakultas Syariah UIN KHAS Jember untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang adaptif, progresif, dan relevan dengan tuntutan masa depan. 

Reporter: Ummatun Marhumah Ayu Qur'ani
Editor : Akhmal Duta Bagaskara

 

Berita Terbaru

Momentum Lebaran : Kafsya Gelar Halal Bi Halal
04 May 2024By syariah
Perdana! Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Launching Overseas Student Mobility Program, Berangkatkan 10 Mahasiswa ke 3 Negara
03 May 2024By syariah
Fakultas Syariah Gelar FGD Persiapan Asesmen Lapangan, Dekan Fakultas Syariah: Tahun 2024 Target Seluruh Prodi Unggul
02 May 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;