syariah@uinkhas.ac.id -

POTRET KEBANGGAAN, MAHASISWA BERPRESTASI FAKULTAS SYARIAH RAIH PENGHARGAAN REKTOR

Home >Berita >POTRET KEBANGGAAN, MAHASISWA BERPRESTASI FAKULTAS SYARIAH RAIH PENGHARGAAN REKTOR
Diposting : Kamis, 28 Dec 2023, 19:38:03 | Dilihat : 323 kali
POTRET KEBANGGAAN, MAHASISWA BERPRESTASI FAKULTAS SYARIAH RAIH PENGHARGAAN REKTOR


Media Center – Potret kebanggaan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember tak terbendung. Pada Rabu, (27/12/2023), dalam kegiatan “Gebyar Malam Anugerah Mahasiswa Beprestasi dan Penyerahan Penghargaan” yang digelar di Gedung Kuliah Terpadu Lantai 3 UIN KHAS Jember. Acara prestisius ini menjadi ajang penyematan penghargaan bagi  mahasiswa Fakultas Syariah yang meraih prestasi di berbagai bidang non-akademik.

Rektor Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M., CPEM., dalam sambutannya menyoroti paradigma utama yang perlu dimiliki oleh mahasiswa, antara lain yaitu sebagai "man of reasoning". Prof. Hepni menjelaskan bahwa  paradigma ini harus saling terintegrasi dalam mencapai prestasi, terutama yang bersifat non-akademik.

“Mahasiswa sebagai 'man of reasoning' adalah elite intelektual yang mampu memecahkan masalah dengan cara rasional, argumentatif, prestisius, dan solutif.

Dikatakan Rektor, mahasiswa juga harus mampu menghimpun kekuatan sosial, melakukan konsolidasi untuk mendobrak ketidakberesan,  melakukan rekonstruksi terhadap hal-hal yang dianggap menjadi penyebab penderitaan,” ujar Prof. Hepni yang juga Guru Besar UIN KHAS Jember itu.

Selain itu, Prof. Hepni juga  menegaskan bahwa kombinasi kedua paradigma ini membentuk pola unik yang mengarah kepada pencapaian prestasi, khususnya dalam bidang non-akademik. Dalam konteks ini, Prof. Hepni menyampaikan pentingnya memberikan apresiasi terhadap pencapaian prestasi non-akademik melalui penghargaan.

"Pencapaian prestasi non akademik perlu diapresiasi dengan penghargaan. Kedepan, penghargaan ini dapat berbentuk lebih tinggi levelnya," tambah Prof. Hepni.

"Misalnya berupa program S2 (Magister) gratis, misalnya untuk dicarikan mahasiswa luar negeri berbeasiswa, jadi kita ingin mahasiswa berprestasi ini tidak hanya berhenti di S1, tapi dapat di S2 bahkan hingga sampai ke luar negeri," pungkas Prof. Hepni.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Syariah, Dr. Wildani Hefni, M.A.  menyampaikan kebanggaannya terhadap prestasi gemilang yang diraih oleh para mahasiswa Fakultas Syariah. Dengan antusiasme, beliau menyatakan komitmen Fakultas Syariah untuk terus mendorong dan memberikan dukungan maksimal kepada mahasiswa dalam mengembangkan bakat dan minat mereka.

"Kami akan terus mendorong untuk menyediakan wadah peningkatan prestasi mahasiswa sesuai bakat dan minat yang dimiliki. Kami juga akan mensupport para mahasiswa dalam mengikuti pelbagai event kompetisi baik di tingkat regional, nasional maupun internasional," kata Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Syariah Dr. Ahmadiono, M.E.I. juga menyebutkan pentingnya melibatkan mahasiswa dalam berbagai kompetisi sebagai upaya untuk memperluas wawasan dan pengalaman mereka di berbagai bidang.

"Fakultas Syariah berkomitmen untuk terus melibatkan mahasiswa dalam berbagai kompetisi yang dapat memperluas wawasan dan pengalaman, dan mendorong untuk terus mendapatkan prestasi baik akademik maupun non-akademik," ungkap Dr. Ahmadiono.

Berikut adalah daftar mahasiswa Fakultas Syariah yang meraih prestasi non-akademik dalam berbagai kompetisi di tahun 2023:

1.    Ahmad Shiddiq Ardhiansyah (Juara 1 National Islamic Olympiade II)
2.    Yonda Maulana Akbar (Juara 2 Kategori Hakim Sharia Faculty National Moot Court Competition "SFNMCC" 2023)
3.    Nurindah Fajriatus Saini (Juara 1 Lomba Badminton Ganda Putri)
4.    Lailatul Masruroh H. (Juara 1 Kyorugi Semi Prestasi)
5.    Riska Nur Anggraini (Juara 1 Regu Putri Dewasa Pencak Silat)
6.    Wasil Fathur Rohim (Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Indonesia)
7.    Muhammad Rizal Athoriq (Juara 1 Futsal)
8.    Nafiatus Sholeha (Juara 2 UNEJ Cup Futsal)
9.    M. Rifki Dwi Febrianto (Juara 2 Debat Muamalah Law Economia Contes)
10.    M. Ashad Fiyaumin Nabili (Juara 3 Scientific Paper Competition)
11.    Saifullah Yusuf Hamzah (Juara 3 Catur Cepat G-25 Perorangan Putra Porsi Jawara)
12.    Iqrimatul Yusli Ariyanti (Juara 3 Poomsae Beregu Putri Porsi Jawara)
13.    Ahmad Shoddiq A. (Juara 2 Karate Kata Individu Putra Porsi Jawara)

Reporter : Akhmal Duta Bagaskara
Editor     : Muhammad Nur Fadli

Berita Terbaru

Harapkan Akreditasi Unggul, Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan
18 May 2024By syariah
Tingkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah Dosen, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Workshop Academic Writing
13 May 2024By syariah
Gandeng Kejari Lumajang, PUSKAPIS Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Kajian Bahas Pengembalian Kerugian Uang Negara
12 May 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;