syariah@uinkhas.ac.id -

SIAPKAN JURNAL ILMIAH BEREPUTASI INTERNASIONAL, FAKULTAS SYARIAH UIN KHAS JEMBER GELAR KOMPETISI PENULISAN ARTIKEL

Home >Berita >SIAPKAN JURNAL ILMIAH BEREPUTASI INTERNASIONAL, FAKULTAS SYARIAH UIN KHAS JEMBER GELAR KOMPETISI PENULISAN ARTIKEL
Diposting : Selasa, 09 Jan 2024, 19:00:48 | Dilihat : 294 kali
SIAPKAN JURNAL ILMIAH BEREPUTASI INTERNASIONAL, FAKULTAS SYARIAH UIN KHAS JEMBER GELAR KOMPETISI PENULISAN ARTIKEL


Media Center – Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menargetkan salah satu jurnalnya dapat menjadi jurnal ilmiah bereputasi internasional. Jurnal yang disiapkan adalah Indonesian Journal of Law and Islamic Law (IJLIL). Saat ini, jurnal IJLIL telah terakreditasi Sinta 5.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Dr. Wildani Hefni, M.A. memaparkan strategi yang telah diambil untuk memajukan jurnal di lingkungan fakultasnya. Melalui pengidentifikasian potensi jurnal yang memiliki peluang untuk mencapai tingkat internasional.

Menurut Wildan, Fakultas Syariah merancang kompetisi penulisan artikel sebagai salah satu langkah kunci dalam percepatan peningkatan mutu jurnal. Kompetisi ini lebih dari sekadar ajang penghargaan; ia dianggap sebagai sarana untuk menghimpun artikel ilmiah berkualitas tinggi.

Call for submission yang diselenggarakan dalam bentuk kompetisi penulisan artikel ini bertujuan untuk mengumpulkan artikel berkualitas dari para pengkaji di bidang studi hukum dan hukum Islam. Artikel-artikel terpilih dari kompetisi ini akan dipublikasikan pada jurnal IJLIL,” terang Dekan Fakultas Syariah Wildani Hefni, Selasa (9/1/2024) di Jember.

Dikatakan Wildan, kompetisi ini bersifat terbuka untuk umum dengan menjangkau studi interdisipliner hukum dan hukum Islam, dengan fokus khusus pada isu-isu hak asasi manusia. Para peserta akan berkompetisi untuk menjadi enam pemenang yang akan diberikan penghargaan sebesar $100 (AUD dollar) dan  publikasi artikel mereka akan dipublish pada jurnal IJLIL.

“Proses pengiriman artikel dapat dilakukan secara online melalui situs resmi jurnal (https://ijlil.uinkhas.ac.id/index.php/ijl) dengan batas waktu paling lambat pada tanggal 10 Mei 2024.. Adapun setiap artikel terdiri dari 6.000–7.500 kata dengan mengadopsi format  penulisan artikel jurnal IJLIL”, demikian ungkap Wildani Hefni.

Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Hepni, S.Ag., M.M., CPEM., memberikan dukungan penuh terhadap percepatan upaya meningkatkan kualitas jurnal di lingkungan UIN KHAS Jember. Dalam pernyataannya, Prof. Hepni menegaskan komitmen UIN KHAS Jember untuk memastikan bahwa jurnal-jurnal yang dihasilkan tidak hanya mendapatkan akreditasi nasional, tetapi juga memiliki reputasi internasional.

"Kami gerak cepat untuk melakukan upaya dan langkah-langkah strategis dalam penguatan publikasi ilmiah di lingkungan UIN KHAS Jember, termasuk salah satunya dengan akselerasi pengelolaan jurnal," ujar Prof. Hepni.

Lebih lanjut, Prof. Hepni menjelaskan bahwa universitas sedang fokus melakukan pemetaan terhadap jurnal-jurnal yang ada di lingkungan UIN KHAS Jember. Pemetaan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menilai jurnal mana yang perlu mendapatkan dorongan akreditasi, pada tingkatan apa, serta menentukan langkah-langkah konkret yang harus diambil.

“Dengan pemetaan ini, kami dapat menentukan jurnal mana yang harus didorong akreditasinya, pada level berapa, lalu tahun berapa targetnya, dan apa langkah kongkritnya,” tambah Prof. Hepni.

Dikatakan Rektor, langkah pemetaan tersebut  dapat  mencakup perjalanan dari jurnal yang belum terakreditasi hingga mencapai status akreditasi Sinta. Selain itu, universitas berupaya untuk meningkatkan kualitas jurnal hingga mencapai tingkat jurnal ilmiah bereputasi internasional.

“Misalnya, kami ingin mengangkat jurnal yang belum terakreditasi menjadi terakreditasi Sinta, dan dari sana terus melangkah menuju tingkat jurnal ilmiah bereputasi internasional. Selain itu, kami juga menyiapkan beberapa jurnal untuk dapat terindeks dalam database Scopus,” pungkasnya.

Pernyataan Rektor UIN KHAS Jember ini mencerminkan komitmen kuat universitas dalam meraih standar keunggulan di bidang publikasi ilmiah, memberikan dorongan kepada fakultas dan jurnal-jurnal di bawah lingkup universitas untuk terus berkembang menuju tingkat internasional.

 

Reporter : Akhmal Duta Bagaskara

Editor     : Agift Akmal Maulana

 

 

Berita Terbaru

Harapkan Akreditasi Unggul, Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan
18 May 2024By syariah
Tingkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah Dosen, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Workshop Academic Writing
13 May 2024By syariah
Gandeng Kejari Lumajang, PUSKAPIS Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Kajian Bahas Pengembalian Kerugian Uang Negara
12 May 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;