syariah@uinkhas.ac.id -

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Rilis Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H

Home >Berita >Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Rilis Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H
Diposting : Minggu, 17 Mar 2024, 14:05:30 | Dilihat : 71 kali
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Rilis Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H


Jember (Fasya) - Laboratorium Falak bersama Komunitas Pecinta Astronomi (KOMPAS) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember merilis jadwal imsakiyah Ramadan 1445 H. Jadwal Imsakiyah ini telah didiskusikan dan disetujui oleh pihak Kementerian Agama Kabupaten Jember.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Wildani Hefni mengapresiasi kerja keras pengelola Laboratorium Falak dan tim KOMPAS. Dikatakan Wildani Hefni, jadwal imsakiyah ini disusun untuk wilayah Jember dan sekitarnya.

“Fakultas Syariah UIN KHAS Jember melalui Laboratorium Falak dan tim Komunitas Pecinta Astronomi telah menyusun jadwal Imsakiyah untuk memberikan kemudahan dan kesiapan masyarakat Muslim dalam menyambut dan menjalankan ibadah puasa, terutama berkaitan dengan waktu-waktu penting selama satu bulan penuh,” terang Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Wildani Hefni, Selasa (5/3/2024) di Jember.

Pengelola Laboratorium Falak sekaligus tim ahli Komunitas Pecinta Astronomi Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Siti Muslifah menjelaskan bahwa meskipun sudah ada jadwal imsakiyah Ramadan, berkaitan dengan penetapan awal Ramadan 1445 H, masyarakat diminta untuk menunggu hasil itsbat yang akan diumumkan secara resmi oleh Menteri Agama.

“Kami dari Laboratorium Falak dan Komunitas Pecinta Astronomi Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember juga akan melakukan rukyatul hilal dalam rangka penentuan awal Ramadan 1445H. Pengumumannya nanti akan disampaikan secara resmi oleh Kementerian Agama RI,” ungkap Siti Muslifah.

“Hal ini menjadi salah satu bentuk pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi, yakni Pengabdian Masyarakat," tambah Siti Muslifah yang juga dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Ketua Komunitas Pecinta Astronomi Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Muhammad Chadafi menuturkan bahwa jadwal imsakiyah ini disusun sebagai wahana praktikum dari pengetahuan teoritis yang didapatkan di bangku kuliah. Chadafi bersyukur karena Laboratorium Fakultas Syariah UIN KHAS Jember memiliki Laboratorium Falak dengan peralatan astronomi yang memadai.

“Kami Komunitas Pecinta Astronomi Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember terus mengasah kemampuan dengan ruang-ruang praktik, termasuk salah satunya kami menghitung jadwal imsakiyah Ramadan tahun 2024 ini”, terangnya.

Laboratorium Falak Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menjadi sarana kajian sekaligus wahana praktikum mahasiswa untuk terus mengaplikasikan keilmuan teoritis yang diperoleh di bangku kuliah, mulai dari konsultasi dan kajian falakiah, pendidikan dan pelatihan hisab rukyat, praktik menyusun waktu shalat, menyusun kalender hijriah dan masehi, praktek rukyatul hilal, praktek kalibrasi arah kiblat, pengembangan software ilmu Falak, dan observasi benda-benda langit.

Berita Terbaru

Targetkan Predikat Unggul, Prodi HES Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan
26 Apr 2024By syariah
12 Mahasiswa Fakultas Syariah Lulus Ujian Tertulis Rekrutmen Peserta Kompetisi Nasional Legal Drafting 2024
18 Apr 2024By syariah
Jalur Masuk UM-PTKIN 2024 Resmi Dibuka, 270 Kursi Tersedia di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember
17 Apr 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;