syariah@uinkhas.ac.id -

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Siap Gelar Konferensi Internasional, Hadirkan Cendikiawan Terkemuka Dunia

Home >Berita >Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Siap Gelar Konferensi Internasional, Hadirkan Cendikiawan Terkemuka Dunia
Diposting : Rabu, 24 Jul 2024, 13:26:05 | Dilihat : 122 kali
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Siap Gelar Konferensi Internasional, Hadirkan Cendikiawan Terkemuka Dunia


Jember (Fasya Media) - Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember akan menyelenggarakan konferensi internasional The 1st Annual International Conference on Sharia and Human Rights  (AICOSHUM) dengan tema Islamic Law and the Rights of Others: Civil Liberties, Justice, and Equality.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni mengungkapkan bahwa International Conference on Sharia and Human Rights  (AICOSHUM) ini merupakan konferensi pertama di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Dikatakan Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, pembahasan tentang sharia dan kemanusiaan relevan dengan realitas kekinian.

“Kita memiliki concern pada realitas di Tengah-tengah masyarakat dimana praktik-praktik fiqhiah kerapkali menjadi alat untuk memetakan ideologi dan afiliasi politik keagamaan kelompok-kelompok tertentu. Tekstualitas penalaran fikih kemudian melahirkan kekerasan dan diskriminasi. Karena itu, konferensi ini akan membahas persoalan hak-hak kemanusiaan, kebebasan sipil, dan keadilan, dalam diskursus hukum Islam”, terang Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni yang merupakan alumni dari the Australian National University (ANU), Australia, Rabu (24/7/2024) di Jember.

Konferensi akan diselenggarakan pada 16-17 Oktober 2024 di kampus UIN KHAS Jember. Konferensi ini menghadirkan cendikiawan dan intelektual terkemuka dunia di bidang Ilmu Syariah dan Hukum. Diantara pembicara yang akan mengisi konferensi ini adalah Professor Abdullahi Ahmed An-Naim dari Emory University School of Law Amerika Serikat, Professor Rüdiger Lohlker dari University of Vienna, Austria, Dr. Ahmad Badri Abdullah, president Maqasid Institute Malaysia sekaligus Deputy Chief Executive Officer International Institute of Advanced Islamic Studies (IAIS), dan Dr. Abdul Hamid Pujiono, dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Sebagai informasi, Professor Abdullahi Ahmed An-Naim merupakan cendikiawan dan intelektul Islam ahli hukum hak asasi manusia dan hak asasi manusia dalam perspektif lintas budaya yang diakui secara internasional. Salah satu karyanya yang berpengaruh dalam kesarjanaan dunia adalah Islam and the Secular State: Negotiating the Future of Sharia (Harvard University Press, 2010).

Peserta konferensi ini akan mengikuti serangkaian kegiatan konferensi dan mempresentasikan artikel ilmiah mereka untuk dipublikasikan dalam artikel jurnal bereputasi. Pendaftaran paper dijadwalkan sampai tanggal 13 September 2024. Sedangkan pengumuman penerimaan tanggal  20 September 2024.

Peserta yang tertarik dan berminat mengikuti konferensi internasional ini, bisa mendaftar secara gratis dan mengirimkan papernya melalui link https://bit.ly/AICOSHUM2024, dengan template: https://bit.ly/AICOSHUM2024Template.

 

Kontributor: Fasya Media

 

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;