syariah@uinkhas.ac.id -

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Sinergi Program Jaga Desa dan Jaksa Masuk Sekolah Bersama Kejaksaan Negeri Jember

Home >Berita >Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Sinergi Program Jaga Desa dan Jaksa Masuk Sekolah Bersama Kejaksaan Negeri Jember
Diposting : Senin, 24 Jun 2024, 16:39:39 | Dilihat : 117 kali
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Sinergi Program Jaga Desa dan Jaksa Masuk Sekolah Bersama Kejaksaan Negeri Jember


Jember (Fasya Media) – Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) KH Achmad Siddiq (KHAS) Jember menandatangani kerjasama kelembagaan dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Jember. Kerjasama dua lembaga ini dituangkan dalam bentuk sinergi program Jaga Desa dari Tindak Pidana Korupsi dan Jaksa Masuk Sekolah serta pemberdayaan Masyarakat sadar hukum. Acara penandatanganan ini berlangsung di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dan dihadiri oleh pejabat kedua lembaga serta berbagai pihak terkait.

Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Hepni, menyambut baik momen ini dan menekankan pentingnya pendampingan serta integrasi program Kejaksaan dengan Fakultas Syariah.

“Yang paling utama dalam momen ini adalah pendampingan serta integrasi program Kejaksaan dengan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Kerjasama ini memberikan pencerahan bagi Fakultas Syariah dan pemberdayaan yang signifikan antara kedua belah pihak,” ujar Prof. Dr. Hepni Zain, Rektor UIN KHAS Jember.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Dr. Wildani Hefni, menyatakan bahwa kerjasama ini diharapkan membawa manfaat besar bagi kedua lembaga dan masyarakat luas.

“Kerjasama ini kami harap dapat berdampak pada kedua lembaga serta masyarakat secara umum. Kami memiliki banyak praktisi hukum yang dapat bekerjasama dalam memberikan pendampingan bagi masyarakat untuk membantu program-program Kejari, termasuk dalam advokasi dan penyuluhan Kemahiran hukum”, ungkap Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni.

Kepala Kejaksaan Negeri Jember, I Nyoman Sucitrawan, menjelaskan beberapa program unggulan Kejaksaan yang akan diintegrasikan dengan Fakultas Syariah, salah satunya Jaga Desa dari tindak pidana korupsi, Jaksa Masuk Sekolah, dan Jaksa Masuk Perguruan Tinggi.

I Nyoma Sucitrawati menambahkan ada prinsipnya, Kejaksaan ini adalah pelayan bagi masyarakat, mulai dari pemahaman terkait masalah hukum hingga memberikan kesempatan untuk melakukan riset di Kejaksaan.

“kami berharap, sinergi ini dapat bermanfaat untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam banyak hal, termasuk persoalan hukum. Kami juga menyediakan pendampingan terhadap beberapa pekerjaan, misalnya pengadaan proyek agar sesuai aturan yang ada”, ungkap I Nyoman Sucitrawan.

Kerjasama ini ini mencakup berbagai bidang kerjasama, termasuk pendidikan hukum, riset bersama, dan program pemberdayaan masyarakat. Melalui kerjasama ini, mahasiswa Fakultas Syariah akan mendapatkan kesempatan untuk magang di Kejaksaan, terlibat dalam penelitian hukum, serta berpartisipasi dalam program-program edukatif yang bertujuan meningkatkan kesadaran hukum di kalangan masyarakat.

Acara penandatanganan MoU ini menandai awal dari kolaborasi yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ilmu hukum dan perlindungan masyarakat dari tindak pidana.

 

Kontributor: Fasya Media

Berita Terbaru

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Tawarkan Kesempatan Belajar di Kampus Luar Negeri dan Berinteraksi dengan Komunitas Akademik Global
11 Jul 2024By syariah
Menjadi Narasumber Dialog RRI Jember, Pushaga Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Fokus Advokasi dan Edukasi Pernikahan Dini
08 Jul 2024By syariah
SELC Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Rapat Kerja Perdana, Prioritaskan Kajian Hukum DEFI dan Smart Money
07 Jul 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;