syariah@uinkhas.ac.id -

Kembangkan Bakat Minat, Mahasiswa Prodi PGMI Gelar Pekan Ilmiah dan Seni

Home >Berita >Kembangkan Bakat Minat, Mahasiswa Prodi PGMI Gelar Pekan Ilmiah dan Seni
Diposting : Rabu, 14 Mar 2018, 15:12:58 | Dilihat : 552 kali
Kembangkan Bakat Minat, Mahasiswa Prodi PGMI Gelar Pekan Ilmiah dan Seni


IAIN Jember – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Jember menyelenggarakan pekan ilmiah dan seni. Acara yang dihelat dengan pelbagai perlombaan itu dimaksudkan sebagai ajang kompetisi dalam pengembangan bakat dan minat peserta didik.

Ketua Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember Mustajab menuturkan bahwa pekan ilmiah dan seni PGMI IAIN Jember ini didesain dalam rangka ajang kompetisi mengembangkan bakat dan minat. “Pekan ilmiah seperti ini menjadi bekal dalam penguatan kompetensi dasar dalam mengajar. Selain itu, pekan ilmiah ini menjadi ajang pertukaran wawasan secara kompetitif,” ungkap Mustajab saat memberikan sambutan di Aula IAIN Jember, Selasa (13/3).

Dikatakan kaprodi PGMI, pekan ilmiah dan seni ini diikuti oleh beberapa lembaga Madrasah Ibtidaiyah dan juga dari kalangan mahasiswa PGMI tingkat provinsi jawa timur. Menurutnya, pekan ilmiah dan seni PGMI IAIN Jember ini baru dilaksanakan pertama kali. Ia berharap, pekan ilmiah dan seni PGMI dapat terselanggara secara periodik setiap tahun.

Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Arfan Efendi mengatakan bahwa pekan Ilmiah dan seni PGMI IAIN Jember ini diisi dengan pelbagai perlombaan. “Pelbagai lomba yang kami desain bertujuan untuk mengksplorasi wawasan pelbagai pengetahuan dan wawasan dimiliki peserta didik,” ujar Arfan.

Untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah, antara lain lomba cerdas cermat, qiroah dan tari. Sedangkan untuk tingkat mahasiswa, antara lain lomba debat ilmiah se-Jawa Timur, lomba micro teaching, dan lomba tari.

Dikatakan Arfan, lomba debat dimaksudkan sebagai ajang uji kompetensi mahasiswa untuk mengukur tingkat pemahaman dan kemampuan analisis serta kemampuan penyampaian gagasan ilmiah. “Lomba debat ilmiah untuk menggali daya kritis mahasiswa terhadap dunia pendidikan Madrasah Ibtidaiyah”, sambungnya.

Lomba Debat Imiah Se-Jatim diikuti mahasiswa program studi PGMI se-jatim, antara lain dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, STAIN Pamekasan, STAI Alfah Sunniyah Kencong, STAI Attaqwa Bondowoso, dan pelbagai perguruan tinggi lainnya. Acara ini juga dimeriahkan dengan bazar buku di halaman aula IAIN Jember. (humas)

;