syariah@uinkhas.ac.id -

Kompas Laboratorium Falak fakultas Syariah IAIN Jember Melaksanakan Rukyatul Hilal Penentuan Awal R

Home >Berita >Kompas Laboratorium Falak fakultas Syariah IAIN Jember Melaksanakan Rukyatul Hilal Penentuan Awal R
Diposting : Senin, 06 May 2019, 12:32:09 | Dilihat : 2680 kali
Kompas Laboratorium Falak fakultas Syariah IAIN Jember Melaksanakan Rukyatul Hilal Penentuan Awal R


 

RUKYATUL HILAL

PENETUAN AWAL RAMADHAN 1440 H/ 2019 M

Minggu, 05 mei 2019 Komunitas Pecinta Astronomi Islam ( KOMPAS) dibawah naungan Laboratorium Fakultas Syariah IAIN Jember beserta mahasiswa Fakultas Syariah berkesempatan mengikuti kegiatan Rukyatul Hilal di Pelataran Kantor Pelabuhan Kalbut Desa Semiring Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini diadakan oleh Kemenag Kabupaten Situbondo. Selama empat tahun terakhir KOMPAS IAIN Jember rutin melakukan kegiatan Rukyatul Hilal di setiap awal bulan Ramadhan dan awal bulan Syawal.

Dalam kegiatan Rukyatul Hilal ini tim KOMPAS IAIN Jember melakukan kegiatan Rukyatul Hilal menggunakan TELESKOP VIXEN dengan menggunakan MOUNTING SKY WATCHER AZ-EQ 5 GO TO dimana dengan alat ini pergerakan matahari maupun bulan dapat dipantau secara otomatis di tiap detiknya.

Berdasarkan hasil pengamatan metode Ephimeris KOMPAS, pada pukul 17.15 WIB matahari sudah mulai terbenam dan tinggi hilal berada pada posisi 6?7’41.9’’ dan posisi bulan terbenam sekaligus terbenamnya hilal pada pukul  17.36 WIB,  sedangkan posisi hilal di selatan matahari sehingga keadaan hilal miring ke selatan.

Setelah dilaksanakannya Rukyatul Hilal di Pelabuhan Kalbut Situbondo ditetapkan, hilal di tempat ini tidak nampak dikarenakan tertutup oleh awan. Pihak KOMPAS sendiri berharap pada penentuan awal bulan Syawal pada tahun ini bisa melihat hilal untuk menentukan idul fitri 1440 H/2019 M.

 

oleh Komunitas Pecinta Astronomi Islam Laboratorium Falak fakultas Syariah IAIN Jember Melaksanakan Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadhan 144/2019M Ahad, 05 Mei 2019 di Pelataran / Halaman Kantor Pelabuhan Kalbut Desa Semiring Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo.

Berita Terbaru

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Teken Kerjasama dengan Perkumpulan Program Studi dan Dosen Hukum Ekonomi Syariah Indonesia (POSDHESI)
24 Mar 2024By syariah
Kolaborasi Peduli dan Berbagi, DWP UIN KHAS Jember Gelar Khotmil Quran dan Santunan Anak Yatim
23 Mar 2024By syariah
Raih Predikat Akreditasi Unggul, Pimpinan Universitas dan Fakultas Syariah Berikan Apresiasi Tim Prodi Hukum Keluarga
23 Mar 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;