syariah@uinkhas.ac.id -

Komunitas Pecinta Astronomi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Rukyatul Hilal untuk Penetapan Awal Ramadhan 1445 H

Home >Berita >Komunitas Pecinta Astronomi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Rukyatul Hilal untuk Penetapan Awal Ramadhan 1445 H
Diposting : Senin, 11 Mar 2024, 06:09:18 | Dilihat : 154 kali
Komunitas Pecinta Astronomi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Rukyatul Hilal untuk Penetapan Awal Ramadhan 1445 H


Situbondo (Fasya) - Pada tanggal 10 Maret 2024 bertepatan dengan 29 Sya’ban 1445 H, Komunitas Pecinta Astronomi (KOMPAS) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar acara Rukyatul Hilal di Pantai Kalbut, Situbondo, untuk menentukan awal bulan Ramadan 1445 Hijriyah. Acara ini dihadiri oleh para ilmuwan dan praktisi hisab rukyat, organisasi masyarakat Islam, serta masyarakat umum yang turut berpartisipasi dalam observasi penentuan awal Ramadan.

Dalam suasana yang penuh khidmat, para peserta Rukyatul Hilal berusaha dengan penuh kesungguhan untuk mengamati hilal atau bulan sabit baru yang menjadi tanda awal bulan Hijriyah. Pantai Kalbut dipilih sebagai lokasi untuk kegiatan ini karena kejernihan langit dan minimnya polusi cahaya yang memudahkan pengamatan langit.

Ketua tim ahli KOMPAS Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Siti Muslifah, S.HI., M.SI., menyatakan bahwa perhitungan data hisab untuk lokasi pantai Kalbut Situbondo terhitung tinggi hilal mar'i  00 48' 17.69 dan elongasi sebesar 2 13' 17,49.

“Hasil hisab ini belum memenuhi kriteria Imkanur Rukyat MABIMS, namun untuk penetapan tanggal 1 Ramadhan 1445 tetap menunggu hasil sidang itsbat pemerintahan”, demikian ungkap Siti Muslifah, Minggu (10/3/2024) saat melakukan rukyatul hilal di Pantai Kalbut, Situbondo.

Acara Rukyatul Hilal ini juga menjadi momen yang berharga bagi masyarakat untuk meningkatkan kebersamaan dan kecintaan terhadap tradisi keagamaan. Selain itu, kegiatan ini menjadi komitmen Fakultas Syari’ah UIN KHAS Jember dalam melaksanakan Tri Darma perguruan tinggi yaitu dalam bentuk pengabdian masyarakat.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni mengungkapkan bahwa pimpinan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember terus mendorong kegiatan-kegiatan akademik dan non-akademik dari seluruh lembaga penunjang di lingkungan Fakultas Syariah, termasuk kegiatan yang dilakukan oleh Laboratorium Falak dan Komunitas Pecinta Astronomi Islam.

“Kami sangat mengapresiasi atas dedikasi teman-teman KOMPAS dalam melakukan rukyatul hilal. Rukyatul hilal ini penting dilakukan sebagian bentuk dari hipotesis verifikatif dengan melakukan pemantauan hilal secara langsung”, kata Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni.

Dekan termuda tersebut juga mengatakan bahwa KOMPAS Fakultas Syariah UIN KHAS Jember turut berkontribusi membantu pemerintah dalam hal penyampaian hasil rukyatul hilal yang diselenggarakan di Pantai kalbut, Situbondo.

Meskipun hasil pengamatan hilal tidak dapat dicapai, acara ini tetap menjadi momen penting untuk memperkokoh silaturahmi antar umat Islam dalam menyambut bulan Ramadan yang penuh berkah. Walaupun cuaca mendung menghalangi pengamatan hilal, namun semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap tradisi keagamaan tetap menggelora di kalangan masyarakat Muslim. Kegiatan Rukyatul Hilal di Pantai Kalbut, Situbondo ini menjadi momen yang membekas dan berharga.

Komunitas Pecinta Astronomi (KOMPAS) Fakultas Syariah UIN KHAS Jember telah sukses mengikuti acara Rukyatul Hilal tahun 2024 sebagai upaya untuk menentukan awal bulan Ramadhan dengan kebersamaan, keikhlasan, dan ketulusan hati.

 

Berita Terbaru

Momentum Lebaran : Kafsya Gelar Halal Bi Halal
04 May 2024By syariah
Perdana! Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Launching Overseas Student Mobility Program, Berangkatkan 10 Mahasiswa ke 3 Negara
03 May 2024By syariah
Fakultas Syariah Gelar FGD Persiapan Asesmen Lapangan, Dekan Fakultas Syariah: Tahun 2024 Target Seluruh Prodi Unggul
02 May 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;