syariah@uinkhas.ac.id -

Komunitas Pecintas Astronomi Islam Fakultas Syari'ah UIN KHAS Jember Gelar Istiwak A'zam (Rushdul Qiblat)

Home >Berita >Komunitas Pecintas Astronomi Islam Fakultas Syari'ah UIN KHAS Jember Gelar Istiwak A'zam (Rushdul Qiblat)
Diposting : Rabu, 29 May 2024, 13:48:56 | Dilihat : 115 kali
Komunitas Pecintas Astronomi Islam Fakultas Syari'ah UIN KHAS Jember Gelar Istiwak A'zam (Rushdul Qiblat)


Jember (Fasya Media) - 27 Mei 2024, KOMPAS (Komunitas Pecinta Astronomi Islam) dari Lab Falak Fakultas Syari'ah UIN KHAS Jember melaksanakan kegiatan istiwak a'zam atau Rushdul Qiblat di halaman Masjid Sunan Ampel, UIN KHAS Jember. Kegiatan ini dimulai pada pukul 15.00 WIB dan mencapai puncaknya pada pukul 16.17 WIB, saat waktu Rushdul Qiblat.

Istiwak A'zam merupakan peristiwa penting dalam penentuan arah kiblat, di mana matahari berada tepat di atas Ka'bah. Ini memungkinkan umat Islam di seluruh dunia untuk memverifikasi dan meluruskan arah kiblat mereka. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota KOMPAS dan juga mahasiswa UIN KHAS Jember sangat antusias untuk menyaksikan dan belajar tentang cara penentuan arah kiblat yang akurat. Tim KOMPAS memberikan penjelasan mendetail tentang fenomena ini dan cara-cara praktis untuk mengamati dan mengukur arah kiblat.

Pada pukul 16.17 WIB, saat matahari berada tepat di atas Ka'bah, dilakukan pengamatan dan verifikasi arah kiblat Masjid Sunan Ampel. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa arah kiblat masjid tersebut sudah lurus dan tepat menghadap ke arah Ka'bah di Mekkah. 

Kegiatan ini tidak hanya memperkuat ilmu pengetahuan di bidang falakiyah tetapi juga menambah keyakinan jamaah akan keakuratan arah kiblat masjid mereka. Ketua umum KOMPAS Ahmad Mufti Ikhsan, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kontinu untuk mendekatkan ilmu astronomi Islam kepada masyarakat luas serta memastikan pelaksanaan ibadah shalat yang lebih sempurna.

Dengan hasil yang memuaskan ini, KOMPAS berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa di masa mendatang dan mengajak lebih banyak pihak untuk berpartisipasi dalam kegiatan edukatif ini.

Berita Terbaru

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Sinergi Program Jaga Desa dan Jaksa Masuk Sekolah Bersama Kejaksaan Negeri Jember
24 Jun 2024By syariah
PUSKAPIS Gelar Webinar Seri II, Bahas Independensi KPK dalam Menyelesaikan Tindak Pidana Korupsi
23 Jun 2024By syariah
KOMPRES Fakultas Syari'ah UIN KHAS Jember Gelar Rangkaian Kegiatan Pelatihan Bulan Perdata 2024
18 Jun 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;