syariah@uinkhas.ac.id -

PATUT MENJADI INSPIRASI, DUA ARTIKEL KARYA DOSEN SYARIAH TEMBUS JURNAL TERINDEKS SCOPUS

Home >Berita >PATUT MENJADI INSPIRASI, DUA ARTIKEL KARYA DOSEN SYARIAH TEMBUS JURNAL TERINDEKS SCOPUS
Diposting : Selasa, 24 Jan 2023, 09:15:19 | Dilihat : 482 kali
PATUT MENJADI INSPIRASI, DUA ARTIKEL KARYA DOSEN SYARIAH TEMBUS JURNAL TERINDEKS SCOPUS


Media Center- Pada tahun 2022, dua dosen Fakultas Syariah telah menerbitkan dua artikel pada Jurnal Internasional terindeks Scopus. Dua artikel tersebut ditulis oleh Dekan Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil. I., dengan judul “Multi-Track Diplomacy Fiqh of Nahdlatul Ulama in Countering Islamophobia in Netherlands” terbit pada Jurnal Ahkam Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Volume 22 Nomor 2 Desember 2022. Satu lagi, artikel ditulis oleh Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Dr. Wildani Hefni, M.A., dengan judul “Brand of Piety? Islamic Commodification of Polygamous Community in Indonesia”, terbit pada Jurnal of Indonesian Islam UIN Sunan Ampel Surabaya, Volume 16 Nomor 1 Juni 2022 (Jurnal terindeks Scopus Q1).

Saat ditanya oleh Media Center, Dr. Wildani Hefni, M.A., mengungkapkan bahwa pada periode Juli - Desember 2022, ia telah menerbitkan 7 artikel pada jurnal nasional terindeks Sinta 1 dan 2. Dikatakan Wildan, menulis sudah menjadi hobi, dan menulis artikel pada jurnal nasional dan internasional menjadi target akademik untuk setiap tahunnya. Ia juga berharap bahwa artikel yang telah diterbitkan dapat membuahkan manfaat bagi orang lain.

“Semoga karya tersebut bermanfaat bagi banyak orang. Pada intinya, menulis dan berkarya merupakan hobi yang melekat pada diri saya. Saya akan terus berkarya dengan menulis artikel jurnal, opini di media massa, dan lain sebagainya. Menulis itu adalah panggilan akademik, bukan untuk kepetingan pragmats”, ungkap Dosen Fakultas Syariah tersebut.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil. I., juga berharap bahwa untuk masa yang akan datang bisa menerbitkan artikel pada jurnal scopus yang lain dan buku-buku berbasis internasional minimal setahun sekali bahkan lebih. Dekan Fakultas Syariah juga berharap agar para dosen yang lain juga bisa menerbitkan artikel pada jurnal terindeks Scopus.

“Saya berharap tidak hanya saya yang terbit jurnal melainkan dosen yang lain baik yang sudah doktor maupun belum sehingga Fakultas Syariah kaya dengan jurnal internasional”, harap Guru Besar Bidang Ushul Fiqih Fakultas Syariah itu.

Melihat hal ini, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN KHAS Jember, Dr. Zainal Abidin, M.Si., memberikan apresiasi kepada dua penulis artikel tersebut. Baginya, hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa karena penerbitan artikel pada Jurnal Scopus tersebut melalui proses yang sangat sulit.

“Bagi saya, hal itu patut menjadi inspirasi bukan hanya kepada Dosen Fakultas Syariah, melainkan juga kepada seluruh Dosen UIN KHAS Jember” tutur Zainal Abidin, sapaan akrabnya.

Ia juga menjelaskan bahwa hal yang sulit ditempuh dalam penerbitan artikel pada jurnal scopus yakni pada tahap revisi. Revisi tersebut bisa lebih sekali, tergantung apakah hasil revisi penulis sudah sesuai dengan saran-saran atau permintaan reviewer atau tidak. Lebih dari itu, artikel yang diterbitkan itu hanya sedikit mungkin 10-20 dari ratusan artikel yang masuk  ke sebuah jurnal. Pendek kata, butuh usaha serius untuk menembus jurnal Scopus.

“Penerbitan artikel pada jurnal terindeks Scopus melalui proses yang sangat panjang, terutama pada tahap permintaan revisi dari minimal dua reviewer”, jelasnya.

 

Reporter : Moh Ramdhan Harisuddin

Editor : Agift Akmal Maulana

Berita Terbaru

Targetkan Predikat Unggul, Prodi HES Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan
26 Apr 2024By syariah
12 Mahasiswa Fakultas Syariah Lulus Ujian Tertulis Rekrutmen Peserta Kompetisi Nasional Legal Drafting 2024
18 Apr 2024By syariah
Jalur Masuk UM-PTKIN 2024 Resmi Dibuka, 270 Kursi Tersedia di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember
17 Apr 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;