syariah@uinkhas.ac.id -

Pendaftar Calon Mahasiswa IAIN Jember Jalur SPAN-PTKIN Mencapai 10 Ribu Lebih

Home >Berita >Pendaftar Calon Mahasiswa IAIN Jember Jalur SPAN-PTKIN Mencapai 10 Ribu Lebih
Diposting : Jumat, 30 Mar 2018, 07:23:04 | Dilihat : 3537 kali
Pendaftar Calon Mahasiswa IAIN Jember Jalur SPAN-PTKIN Mencapai 10 Ribu Lebih


IAIN Jember- Hingga penutupan waktu pendaftaran Calon Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) sejak 29 Maret Jam 00.00 WIB, tercatat sebanyak 10244 Pendaftar telah menentukan pilihannya ke Kampus IAIN Jember.

Jumlah itu adalah total pendaftar dari dua pilihan PTKIN yang diminati, baik pilihan PTKIN 1 maupun pilihan PTKIN 2. Total itu, Masing-masing dengan rincian untuk pilihan PTKIN 1 tercatat 2455 pelamar telah menentukan pilihan 1 IAIN Jember dan 2455 pelamar menentukan pilihan 2, sedangkan pilihan PTKIN 2, tercatat 2667 menentukan pilihan 1 IAIN Jember serta 2667 lainnya menentukan pilihan 2. Sehingga total keseluruhannya mencapai angka 10244. Quota yang tersedia pada jalur SPAN-PTKIN ini sebanya 1750.

Ketua Panitia Lokal SPAN-PTKIN tahun 2018, H. Nur Solikin, S.Ag., M.H, menegaskan bahwa jumlah pendaftar SPAN-PTKIN tahun ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan minat pendaftar pada tahun pendaftaran sebelumnya, bahkan quota 1750 yang tersedia untuk jalur SPAN-PTKIN telah jauh terlampauinya.

Solikin mengakui bahwa peminat untuk jalur SPAN-PTKIN telah diprediksi akan mencapai angka diatas 10 ribu pendaftar, hal itu didasarkan atas jejak perkembangan tren pendaftar yang terus bergerak setiap hari aktif pendaftaran. Karenanya dapat dipastikan untuk memenuhi quota yang tersedia pada jalur SPAN-PTKIN, panitia akan melakukan seleksi yang cukup ketat.

Solikin juga menjelaskan, bahwa selain jalur SPAN-PTKIN pendaftaran masuk ke kampus IAIN Jember juga dilakukan melalui seleksi tertulis melalui jalur mandiri dan jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Khusus UM-PTKIN pendaftaran dibuka pada tanggal 12 April 2018 mendatang. “Lulusan SMA/SMK/ MA/MAK/ Pesantren Mu'adalah dapat mendaftarkan dirinya sebagai peserta seleksi UM-PTKIN.” Jelas Solikin disela-sela kerjanya.

Sementara, pada tahun akademik 2018-2019 IAIN Jember menawarkan banyak pilihan program studi, antara lain Prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Perbankan Syari'ah, Bahasa dan Sastra Arab, Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah), Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Ekonomi Syari'ah (Mu'amalah), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Ekonomi Syari'ah, Ilmu Hadits, Pengembangan Masyarakat Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Tadris Bahasa Inggris, Hukum Tata Negara, Hukum Pidana Islam.

Prodi pilihan lainnya adalah prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Manajemen Dakwah, Sejarah Peradaban Islam, Akuntansi Syari'ah, Tadris Matematika, Tadris Biologi, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Manajemen Zakat dan Wakaf, dan prodi Psikologi Islam. Untuk lebih jelasnya tentang informasi pendaftaran masuk IAIN Jember dapat dilihat melalui laman resmi www.iain-jember.ac.id atau langsung mengunjungi laman www.span-ptkin.ac.id. (Minan Jauhari)

Berita Terbaru

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Sinergi Program Jaga Desa dan Jaksa Masuk Sekolah Bersama Kejaksaan Negeri Jember
24 Jun 2024By syariah
PUSKAPIS Gelar Webinar Seri II, Bahas Independensi KPK dalam Menyelesaikan Tindak Pidana Korupsi
23 Jun 2024By syariah
KOMPRES Fakultas Syari'ah UIN KHAS Jember Gelar Rangkaian Kegiatan Pelatihan Bulan Perdata 2024
18 Jun 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;