syariah@uinkhas.ac.id -

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, KOMPAS LAKUKAN RUKYATUL HILAL DI PANTAI KALBUT SITUBONDO

Home >Berita >PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, KOMPAS LAKUKAN RUKYATUL HILAL DI PANTAI KALBUT SITUBONDO
Diposting : Selasa, 28 Mar 2023, 11:39:04 | Dilihat : 2614 kali
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, KOMPAS LAKUKAN RUKYATUL HILAL DI PANTAI KALBUT SITUBONDO


Media Center– Komunitas Pecinta Astronomi (KOMPAS) Islam Laboratorium Falak Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq (KHAS) Jember sukses gelar Rukyatul Hilal Ramadhan 1444 H pada Rabu (22/03/2023) bertempat di Pantai Kalbut Situbondo.

Kegiatan tersebut rutinitas setiap tahunnya diadakan setiap tanggal 29 Sya’ban dengan mendapatkan undangan dari Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Situbondo.

Ibnu Alwaton mengungkapkan bahwa banyak lembaga lain bidang falakiyah yang juga berpartisipasi dalam kegiatan rukyatul hilal ini. Bahkan lembaga Muhammadiyah yang notabene memiliki metode hisab sendiri juga ikut andil dalam pelaksanaan rukyatul hilal. Begitu juga, lembaga-lembaga lain baik yang negeri maupun swasta.

“Intinya, kita melakukan rukyatul Hilal bersama-sama, menjalankan sunnah Nabi dan menjalankan fardu kifayah bersama” Ujar salah satu anggota Kompas tersebut.

Sementara itu, Muhammad Ilyas mengatakan bahwa Kompas sendiri terbilang memiliki peralatan yang cukup lengkap dibandingkan dengan lembaga falakiyah yang lain. Kompas berkomitmen dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat dijadikan sarana informasi untuk masyarakat, terutama bagi mahasiswa UIN KHAS Jember. Karena Kompas di anggap memiliki pemahaman yang mumpuni dalam bidang falakiyah.

“Kami dinilai memiliki pemahaman dalam rukyatul hilal ini oleh Pemkab Situbondo, sehingga setiap tahunnya kami mendapatkan undangan,” terang Muhammad Ilyas Presiden Kompas Periode 2021-2022.

Lebih lanjut, Siti Muslifah, S.H., M.Si sangat mengapresiasi dan bangga atas terselenggaranya kegiatan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1444 H oleh mahasiswa Fakultas Syariah yang tergabung dalam Kompas. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini ialah bentuk suatu pengabdian dan kontribusi nyata kepada masyarakat seputar ilmu falakiyah.

“Saya harap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan dalam upaya mengedukasi masyarakat agar lebih memahami terkait penentuan akhir bulan,” ungkap Pembina Kompas yang juga Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Martoyo, S.H.I., M.H., turut mengapresiasi mahasiswa yang tergabung dalam Kompas, terutama kepada pembina yang senantiasa konsisten mendampingi dari tahun 2016 hingga sekarang. Ia menghimbau bahwa perlu pengkajian dan pendalaman lebih lanjut terkait ilmu falak, khususnya dalam rukyatul hilal.

“Kompas perlu terus meningkatkan kapasitasnya baik dalam teori maupun praktek salah satunya ialah rukyatul hilal serta lebih menguatkan kapasitas dalam ilmu falak,” jelas Wadek III Fakultas Syariah UIN KHAS Jember tersebut.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 mahasiswa yang tergabung dalam Kompas dan didampingi oleh 2 pembina Kompas, yakni Siti Muslifah,, S.H., M.Si., dan Ana Laela Fatihkatul, S.H., M.H.

 

Reporter : Moh Ramdhan Harisuddin

Editor : Lutvi Hendrawan

Berita Terbaru

12 Mahasiswa Fakultas Syariah Lulus Ujian Tertulis Rekrutmen Peserta Kompetisi Nasional Legal Drafting 2024
18 Apr 2024By syariah
Jalur Masuk UM-PTKIN 2024 Resmi Dibuka, 270 Kursi Tersedia di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember
17 Apr 2024By syariah
29 Mahasiswa Fakultas Syariah Ikuti Rekrutmen Peserta Kompetisi Nasional Legal Drafting 2024
16 Apr 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;