syariah@uinkhas.ac.id -

PERTAMA KALI DI UIN KHAS JEMBER, FAKULTAS SYARIAH GELAR PRESENTASI TOEFL–ITP UNTUK BEASISWA LPDP

Home >Berita >PERTAMA KALI DI UIN KHAS JEMBER, FAKULTAS SYARIAH GELAR PRESENTASI TOEFL–ITP UNTUK BEASISWA LPDP
Diposting : Selasa, 28 Feb 2023, 08:28:36 | Dilihat : 655 kali
PERTAMA KALI DI UIN KHAS JEMBER, FAKULTAS SYARIAH GELAR PRESENTASI TOEFL–ITP UNTUK BEASISWA LPDP


Media Center- Dalam rangka membantu mahasiswa dan dosen untuk meraih beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), Fakultas Syariah mengadakan kegiatan penunjang, salah satunya mengadakan kegiatan Presentasi untuk Kelas TOEFL–ITP  (Test of English as a Foreign Language–Institutional Testing Program).  Acara tersebut merupakan yang pertama kali digelar di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember ( UIN KHAS Jember ).

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang paling diidamkan oleh semua orang. Oleh karena itu Fakultas Syariah mengadakan acara ini dengan berkolaborasi dengan UPB (Unit Pengembangan Bahasa)  UIN KHAS Jember dan  Studies Eddy’s English Jember. Fakultas Syariah sukses menggelar acara ini pada Jum’at (24/02/2023) bertempat di Auditorium VIP Lt. II Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Acara tersebut dihadiri Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I., Kepala Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN KHAS Jember, Moch. Imam Machfudi, S.S., M.Pd., Ph.D., dan Direktur Studies Eddy’s English Jember, Khoirul Anwar, M.Pd.. Sementara itu, hadir pula Dosen Fakultas Syariah, Basuki Kurniawan, M.H. yang juga Ketua Internasional Office, Siti Shoimah, SH, MH, yang Sekretaris Internasional Office, Zainal Abidin, S.H.I., M.H.,  Ketua KAFSYA UIN KHAS Jember, para alumni, dan juga mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Prof. Haris (panggilan akrabnya) dalam sambutannya mengatakan bahwa acara TOEFL–ITP ini sangat penting bagi mahasiswa dan dosen Fakultas Syariah  yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri ke jenjang selanjutnya di luar negeri.

“Acara ini sangat penting sekali bagi mahasiswa dan dosen yang ingin kuliah dan melanjutkan ke jenjang berikutnya di luar negeri. Karena dengan mengikuti ini mahasiswa dan dosen akan siap dengan persyaratan untuk beasiswa LPDP ini.  Dan jumlah beasiswa LPDP banyak sekali. Ada yang 600 juta selama 2 tahun untuk S2 di luar negeri. Kalau S3, bisa dua kali lipatnya“, tutur Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN Se-Indonesia memotivasi.

Prof. Haris juga menganggap acara tersebut juga bermanfaat untuk kegiatan yang rutin  dilakukan Fakultas Syariah yakni Webinar Internasional.

“Acara ini juga bermanfaaat untuk persiapan kegiatan yang rutin kami adakan yakni Webinar Internasional. Dengan mengikuti acara ini para dosen dan mahasiswa dapat lebih fasih dalam bahasa inggris, karena bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan oleh seluruh negara di dunia. Selain LPDP dan acara Webinar Internasional, Toefl ITP juga dapat digunakan untuk lowongan kerja di beberapa kementrian “, pungkas Guru Besar UIN KHAS Jember.

Moch. Imam Mahfudi, S.S., M.Pd., Ph.D., selaku Kepala UPB UIN KHAS Jember memberitahukan skor nilai pada TOEFL–ITP untuk melamar  beasiswa LPDP yakni 500–550 untuk dapat lolos ke beasiswa LPDP.

“Dalam tes untuk TOEFL–ITP untuk dapat lolos mendapatkan beasiswa LPDP peserta diharuskan mendapatkan nilai antara 500–550 untuk dapat lolos,“ pungkas Kepala UPB UIN KHAS Jember itu.

Adapun Khoirul Anwar, M.Pd. Direktur Studies Eddy’s English menjelaskan tentang bagaimana belajar bahasa Inggris versi Studies Eddy’s English dapat diibaratkan dengan Lionel Messi dengan bakat yang dimiliki dan Cristiano Ronaldo dengan kerja kerasnya.

“Seperti diibaratkan Lionel Messi dengan bakat yang dimiliki sejak lahir dan Cristiano Ronaldo dengan kerja kerasnya. Untuk tipikal orang Indonesia seperti Cristiano Ronaldo yakni dengan cara melihat mimpi dan yang kedua yakni dengan bekerja keras agar segera beranjak untuk menggapai mimpi itu dengan usaha dan doa yang keras pagi, siang, hingga sore agar tercapai cita–cita,“ tutur Direktur Studies Eddy’s English Jember tersebut.

Acara dipandu oleh Basuki Kurniawan, M.H. berjalan dengan lancar serta dilanjut oleh diskusi secara gayeng dan antusias dari peserta.

 

Reporter: Akhmal Duta Bagaskara

Editor: Agift Akmal Maulana

Berita Terbaru

12 Mahasiswa Fakultas Syariah Lulus Ujian Tertulis Rekrutmen Peserta Kompetisi Nasional Legal Drafting 2024
18 Apr 2024By syariah
Jalur Masuk UM-PTKIN 2024 Resmi Dibuka, 270 Kursi Tersedia di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember
17 Apr 2024By syariah
29 Mahasiswa Fakultas Syariah Ikuti Rekrutmen Peserta Kompetisi Nasional Legal Drafting 2024
16 Apr 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;