syariah@uinkhas.ac.id -

Sambut Perkuliahan Semester Genap 2023/2024, Fakultas Syariah Siap Wujudkan Dasa Cita dan Sapta Program Pengembangan

Home >Berita >Sambut Perkuliahan Semester Genap 2023/2024, Fakultas Syariah Siap Wujudkan Dasa Cita dan Sapta Program Pengembangan
Diposting : Rabu, 14 Feb 2024, 06:44:55 | Dilihat : 144 kali
Sambut Perkuliahan Semester Genap 2023/2024, Fakultas Syariah Siap Wujudkan Dasa Cita dan Sapta Program Pengembangan


Media Center - Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember akan segera memulai perkuliahan semester genap tahun 2023/2024. Dalam rangka menyambut dan mempersiapkan perkuliahan tersebut, Fakultas Syariah menggelar rapat dosen, Senin (12/02/2024) di Aula Lantai II Fakultas Syariah.

Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Rektor III UIN KHAS Jember Dr. Khoirul Faizin, M.Ag, yang juga merupakan dosen Fakultas Syariah, Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni, MA., didampingi oleh Wakil Dekan 1 Dr. Busriyanti, M.Ag., Wakil Dekan 2 Dr. Martoyo, MH, dan Wakil Dekan 3 Dr. Ahmadiono, M.EI, serta Sekretaris Jurusan Hukum Islam, seluruh Koorprodi, Ketua Gugus Mutu, dan jajaran dosen dari empat Program Studi di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni mengungkapkan bahwa rapat dosen dalam rangka distribusi mata kuliah ini memiliki signifikansi yang sangat penting. Dikatakan Dr. Wildani Hefni, pihaknya telah menyusun grand design pengembangan Fakultas Syariah yang merupakan turunan dari Dasa Cita Rektor UIN KHAS Jember 2023-2027. Menurut Dekan Fakultas Syariah ini, proses pembelajaran pada semester ini juga diarahkan pada beberapa penataan kebijakan dalam rangka pengembangan Fakultas Syariah menjadi lebih baik.

“Sebagai contoh, salah satu dari dasa cita Rektor UIN KHAS Jember 2023-2027 adalah reformasi birokrasi berbasis regulasi. Karena itu, kami di Fakultas Syariah juga menerapkan dasa cita itu dalam catur transformasi, panca ekosistem pengembangan, dan sapta program pengembangan. Sebagai perwujudan itu, saat ini untuk rekrutmen dosen baru ditiadakan hingga terbitnya regulasi baru dari pimpinan Rektorat”, demikian ungkap Dekan Fakultas Syariah Dr.Wildani Hefni.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah, Dr. Busriyanti, M.Ag, mengatakan bahwa dalam waktu dekat Fakultas Syariah akan menghadapi Akreditasi Asesmen Lapangan dari prodi Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Tata Negara, dan Hukum Pidana Islam.

Selain itu, Dr. Busriyanti menekankan kepada para dosen untuk wajib menyusun kurikulum berbasis OBE (Outcome Base Education). “Kurikulum berbasis OBE merupakan suatu kebutuhan yang penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Syariah. Redesain kurikulum ini juga bagian dari salah satu Sapta Program Pengembangan Fakultas Syariah 2023-2027”, ungkap Wadek I Fakultas Syariah.

Wakil Dekan I Fakultas Syariah juga mengungkapkan bahwa Gugus Mutu Fakultas akan melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran dalam setiap perkuliahan agar proses perkuliahan dapat berjalan dengan optimal.

Sementara Wakil Dekan 2 Fakultas Syariah, Dr. Martoyo, S.H.I., M.H. menyampaikan bahwa pihaknya menerima dukungan, kritik, dan saran dari berbagai pihak dalam rangka penyempurnaan fasilitas Fakultas Syariah.

“Kalau ada yang kurang sempurna, nanti disampaikan dan akan menjadi masukan bagi kami, terutama berkaitan dengan fasilitas. Kami telah menetapkan dalam Sapta Program Pengembangan Fakultas Syariah 2023-2027, salah satunya adalah tata Kelola infrastruktur menuju green campus serta inovasi tata Kelola kelas dengan penyediaan layanan kelas prima,” ujar Wakil Dekan II Dr Martoyo.

Wakil Dekan 3 Fakultas Syariah, Dr. Ahmadiono, S.Ag., M.E.I. juga menekankan kepada para Dosen Pembimbing Akademik (DPA) untuk terus memantau pada mahasiswanya. “Langkah ini dapat dilakukan secara periodik dengan memantau progress studi anak bimbingan kita. Ini harus terus dilakukan untuk mengoptimalkan bimbingan kepada mahasiswa. Saya kira ini merupakan kewajiban bagi kita selaku Dosen Pembimbing Akademik,” kata Dr. Ahmadiono.

Pada kesempatan yang sama, hadir Wakil Rektor 3, Dr. Khoirul Faizin, M.Ag. Menurutnya, beberapa dasa Cita Rektor UIN KHAS Jember 2023-2027 harus menjadi pegangan bersama, salah satu contohnya adalah penguatan moderasi beragama.

“Ini sangat penting untuk menguatakan paham Islam Rahmatan Lilalamin, penguatan dapat dilakukan oleh dosen kepada para mahasiswanya,” ujar Wakil Rektor 3 Dr. Khoirul Faizin.

Wakil Rektor III juga menyampaikan apresiasi atas kemajuan dan berbagai capaian Fakultas Syariah dalam beberapa bulan terakhir ini. Menurutnya, dalam tiga bulan terakhir ini, Fakultas Syariah menjadi best practice dalam inovasi tata kelola, semangat kolaborasi, soliditas tim, dan transformasi kelembagaan serta transformasi green faculty.

 

Reporter : Akhmal Duta Bagaskara
Editor : Nurma Diana Veronica

Berita Terbaru

Momentum Lebaran : Kafsya Gelar Halal Bi Halal
04 May 2024By syariah
Perdana! Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Launching Overseas Student Mobility Program, Berangkatkan 10 Mahasiswa ke 3 Negara
03 May 2024By syariah
Fakultas Syariah Gelar FGD Persiapan Asesmen Lapangan, Dekan Fakultas Syariah: Tahun 2024 Target Seluruh Prodi Unggul
02 May 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;