syariah@uinkhas.ac.id -

Seratus Hari Kepemimpinan Tim Manajemen Fakultas Syariah: Rekam Jejak Prestasi, Sinergi Kolaborasi, dan Konsolidasi Tata Kelola Kelembagaan

Home >Berita >Seratus Hari Kepemimpinan Tim Manajemen Fakultas Syariah: Rekam Jejak Prestasi, Sinergi Kolaborasi, dan Konsolidasi Tata Kelola Kelembagaan
Diposting : Jumat, 05 Apr 2024, 11:43:00 | Dilihat : 589 kali
Seratus Hari Kepemimpinan Tim Manajemen Fakultas Syariah: Rekam Jejak Prestasi, Sinergi Kolaborasi, dan Konsolidasi Tata Kelola Kelembagaan


Jember (Fasya) –  Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember melakukan pelbagai akselerasi dengan cepat. Dalam kepemimpinan wajah baru Fakultas Syariah tahun 2024, seluruh komponen berjibaku melakukan konsolidasi untuk perbaikan dari seluruh aspek, mulai dari pengembangan akademik dan kelembagaan, tata kelola kelembagaan meliputi sarana prasarana dengan perbaikan fasilitas, termasuk administrasi perencanaan dan keuangan serta pengembangan sumber daya manusia. Selain itu, akselerasi juga dilakukan dalam pengembangan kemahasiswaan dan sinergi dengan alumni.

Satu hal yang sangat penting terjadi pada pengembangan kelembagaan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ini adalah kebersamaan dan kekompakan seluruh tim. Para pengelola bekerja secara bersama-sama untuk mengembangkan lembaga dengan komitmen bersama, spirit bersama, dan tekad bersama: untuk kepentingan kelembagaan, bukan yang lain.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni menjelaskan bahwa tim manajemen Fakultas Syariah melakukan akselerasi dalam beberapa hal, terutama konsolidasi internal untuk pengembangan kelembagaan. Menurut Dekan termuda di PTKIN se-Indonesia ini, Dasa Cita Rektor UIN KHAS Jember 2023-2027 secara cepat diturunkan dalam Catur Transformasi dan Panca Ekosistem serta Sapta Pengembangan.

Berikut trajektori perjalanan Fakultas Syariah dalam rentang tiga bulan sejak Januari- Maret Tahun 2024:

Peningkatan Standart Mutu dengan International Organization for Standardization

Audit dari International Organization for Standardization menjadi langkah krusial untuk memperbaiki tata kelola di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Audit ini tidak hanya untuk  perbaikan internal, tetapi untuk peningkatan komitmen yang konsisten dalam menerapkan manajemen standar ISO sebagai fondasi utama dalam pengelolaan fakultas, termasuk untuk menunjang kualitas akademik dalam hal menjaga reputasi dan kepercayaan masyarakat.

Kerjasama Kelembagaan dengan Perguruan Tinggi di Eropa

Untuk meningkatkan kerjasama kelembagaan, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember langsung menjajaki peluang bersama perguruan tinggi terkemuka di Eropa. Kerjasama kelembagaan antara Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dengan beberapa perguruan tinggi di Belanda, Belgia, Jerman, dan Prancis ini meliputi Radboud University Nijmegen, Leiden University, Utrecht University, dan Vrije Universiteit Amsterdam. Selain itu, juga kampus di Belgia yaitu University of Antwerp dan KU Leuven. Di Jerman adalah  University of Cologne dan University of Bonn. Sedangkan di Prancis, adalah  University of Paris 1 Pantheon-Sorbonne dan École Normale Supérieure de Lyon. Selain dengan perguruan tinggi, kerjasama juga dilakukan dengan PCINU Belanda dan PCINU Belgia.

Penguatan Desain Kurikulum berbasis OBE

Dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan, diperlukan adopsi Outcome-Based Education (OBE). OBE merupakan sebuah upaya untuk menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di PT dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi. Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam menghadirkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja, berikut dengan persiapan penyusunan seperti Capaian Pembelajaran (CP), Bahan Kajian, Evaluasi Kurikulum, Tracer Study, Landasan Pengembangan Kurikulum, Kurikulum OBE, Tahapan Penyusunan dokumen kurikulum, Pembentukan Mata Kuliah (MK), Matriks Distribusi MK, dan RPS.

Perbaikan Fasilitas dan Sarana Prasarana: Layanan Prima

Dalam hitungan tiga bulan, perbaikan fasilitas dan sarana prasarana di Fakultas Syariah dilakukan. Perbaikan mulai dari penyediaan ruang dosen, ruang diskusi, perbaikan toilet, pemasangan kipas angin di seluruh kelas, dan juga perbaikan atap yang bocor. Penataan tempat parker juga dilakukan, dalam rangka menuju green faculty.

Pelatihan Paralegal untuk Peningkatan Kapasitas Mahasiswa

Dalam upaya untuk memberikan bekal yang kokoh kepada mahasiswa, Fakultas Syariah menyelenggarakan Program Peningkatan berupa Pelatihan Paralegal. Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiswa agar semakin siap menghadapi tantangan dunia kerja dan memberikan kontribusi positif dalam penegakan hukum di masyarakat. Pelatihan Paralegal ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa Fakultas Syariah dalam membangun karir profesionalnya di bidang hukum.

Peningkatan Wawasan Global tentang Hukum Transnasional melalui Seminar Internasional

Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar Seminar Internasional yang bertajuk, “Legal Challenges and Oppurtunities Addressing Transnational Crimes. Seminar internasional ini didasari maraknya transaksi berbasis atau berskala internasional dan maraknya kejahatan internasional dengan macam bentuknya. Seminar internasional ini sangat relevan dalam meningkatkan citra dan reputasi UIN KHAS Jember sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi global.

Penerbitan Delapan Buku Karya Dosen dan Mahasiswa

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri  Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember berhasil menerbitkan delapan buku baru. Penerbitan buku-buku tersebut diharapkan dapat memberikan sumbangan berharga bagi perkembangan keilmuan di bidang syariah dan hukum. Hal ini menandakan bahwa aktivitas menulis telah menjadi salah satu tradisi ilmiah di lingkungan Fakultas Syariah.

Penerbitan Edisi Terbaru untuk Enam Jurnal Ilmiah

Enam jurnal di lingkungan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember telah dengan edisi terbaru. Artikel yang terbit merupakan karya ilmiah hasil penelitian maupun pemikiran konseptual dalam bidang Ilmu Hukum, Hukum Islam, Hukum Tata Negara, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Pidana Islam, dan Hukum Keluarga, sesuai dengan masing-masing fokus dan ruang lingkup jurnal. Enam jurnal di lingkungan Fakultas Syariah, antara lain Indonesian Journal of Law and Islamic Law (IJLIL) (terakreditasi Sinta 5), Constitution Journal, Rechtenstudent Journal, Lex Economica Journal, Criminal Law Review (CLEAR), dan Jurnal Sakinah.

Siapkan Jurnal Ilmiah Bereputasi Internasional melalui Writing Competition

Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menargetkan salah satu jurnalnya dapat menjadi jurnal ilmiah bereputasi internasional. Jurnal yang disiapkan adalah Indonesian Journal of Law and Islamic Law (IJLIL). Saat ini, jurnal IJLIL telah terakreditasi Sinta 5. Fakultas Syariah merancang kompetisi penulisan artikel sebagai salah satu langkah kunci dalam percepatan peningkatan mutu jurnal. Kompetisi ini lebih dari sekadar ajang penghargaan; ia dianggap sebagai sarana untuk menghimpun artikel ilmiah berkualitas tinggi. Hadiah dalam kompetisi ini adalah $600 Australian Dollar.

Peningkatan Skill Mahasiswa melalui Praktik Kalibrasi Arah Kiblat

Dalam rangka memberikan pengalaman nyata, mengimplementasikan hasil pelatihan, sekaligus menambah rasa kepercayaan masyarakat, Komunitas Pecinta Astronomi Islam (Kompas) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember melakukan kegiatan pengukuran arah kiblat. Pengukuran arah kiblat kali ini dilaksanakan memenuhi undangan pengurus Musholla Asri Al-Awwabin Perumahan Darma Alam Kaliwates Jember. Tim Ahli Laboratorium Falak Fakultas Syariah memiliki komitmen yang tinggi dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam persoalan pengukuran arah kiblat ini sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Redesain Kurikulum berbasis OBE bersama Ketua Umum POSHDESI

Fakultas Syariah secara serius melakukan redesain kurikulum pembelajaran. Redesain ini dijalankan sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan dan lulusan sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan perkembangan inovasi di era digital. Fakultas Syariah menyelenggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Outcome Based Education. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan yakni Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag. (Ketua Umum POSDHESI dan Sekretaris Program Studi S3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Zeiburhanus Saleh, S.S., M.Pd. (Kepala Pusat Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran LPM UIN Kiai KHAS Jember).

Penguatan Tradisi Intelektual melalui Kompetisi Skripsi Terbaik

Fakultas Syariah menggelar Kompetisi Skripsi Terbaik Periode I Tahun 2024. Kompetisi diikuti mahasiswa yang terpilih dari masing-masing program studi di Fakultas Syariah. Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong semangat berprestasi para mahasiswa, terutama dalam penguatan tradisi intelektual akademik yang unggul dan kompetitif. Kegiatan ini merupakan salah satu indikator dari community of learning di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dengan suasana tradisi akademik yang menggugah, khususnya dalam penguatan skills of writing.

Lengkapi Fasilitas dan Penunjang Akademik: 5 Pusat Kajian, 4 Komunitas Akademik, dan 3 Laboratorium Keilmuan

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember memiliki fasilitas dan penunjang yang berkualitas dan ditopang oleh atmosfer akademik yang mendukung. Fasilitas dan penunjang tersebut memungkinkan para mahasiswa untuk terus mengembangkan bakat dan minatnya, serta untuk meningkatkan prestasi akademik maupun non-akademik.

Berikut beberapa fasilitas dan penunjang yang dimiliki oleh Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, antara lain Laboratorium Peradilan Semu, Laboratorium Mahkamah Konstitusi, Laboratorium Falak, Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum, Career Development Center, Perpustakaan dan Ruang Baca, Pusat Studi Hukum, Pancasila, dan Konstitusi (PUSHPASI), Pusat Studi Anti Korupsi dan Hukum Pidana Islam (PUSKAPIS), Pusat Studi Hukum Keluarga, Gender dan Anak (PUSHAGA), Pusat Studi Hukum Ekonomi Syariah Kontemporer (PUSKAHES), Pusat Kajian Ushul Fiqh dan Maqashid al-Sharia (PKUM), Komunitas Pecinta Astronomi Islam (KOMPAS), Komunitas Peradilan Semu (KOMPRES), Media Center, Law Research and Debate Community (LRDC), Academic Culture Assembly (ACA), Hai’ah Tahfidh Al-Quran (HTQ), Majma’ Buhuts al-Kutub (MBK).

Songsong Perkuliahan dengan Implementasi Dasa Cita dan Sapta Program Pengembangan: Reformasi berbasis Regulasi

Implementasi dari Saptra Program Pengembangan dipaparkan pada rapat dosen dalam rangka distribusi mata kuliah. Proses pembelajaran pada semester ini juga diarahkan pada beberapa penataan kebijakan dalam rangka pengembangan Fakultas Syariah menjadi lebih baik. Sebagai contoh, salah satu dari dasa cita Rektor UIN KHAS Jember 2023-2027 adalah reformasi birokrasi berbasis regulasi. Sebagai perwujudan itu, saat ini untuk rekrutmen dosen baru ditiadakan hingga terbitnya regulasi baru dari pimpinan Rektorat.

Luluskan 182 Mahasiswa dengan Prestasi dan Beragam Penghargaan

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menggelar Yudisium Strata Satu (S1) ke-25. Sebanyak 182 mahasiswa berasal dari empat program studi yaitu Hukum Kelurga (HK), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Pidana Islam (HPI), dan Hukum Tata Negara (HTN) mengikuti rangkaian proses Yudisium sebagai penanda menjadi calon wisudawan.

Perdana, Fakultas Syariah Berikan Penghargaan Mahasiswa Berprestasi Akademik dan Non-Akademik

Ada yang berbeda pada rangkaian pelaksanaan kegiatan Yudisium Strata (S1) ke-25 Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN KHAS) Jember. Kali ini, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember memberikan penghargaan kepada mahasiswa dalam tiga klaster, yaitu penghargaan bagi mahasiswa peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), penghargaan bagi mahasiswa penulis Skripsi Terbaik, dan penghargaan bagi mahasiswa berprestasi akademik dan non-akademik.

Pimpinan Fakultas Syariah Tandatangani Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja

Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menggelar kegiatan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) sebagai langkah kongkrit implementasi program dan kegiatan tahun 2024. Ada hal yang berbeda dalam Rakerpim kali ini. Rakerpim dikemas dalam bentuk pengayaan melalui model sorogan antara pimpinan Fakultas, Lembaga, dan Unit dengan pimpinan Universitas. Dalam kegiatan ini, Fakultas Syariah juga hadir dan memaparkan target pencapaian serta pengembangan Fakultas Syariah yang meliputi program prioritas sebagai turunan dari Dasa Cita Rektor periode 2023-2027. Pimpinan Fakultas Syariah menandatangani pakta integritas dan perjanjian kinerja dengan Rektor.

Launching Empat Pusat Studi dan Kajian: Perwujudan Academic Atmosphere 

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dirancang dengan iklim akademik yang memberikan ruang bagi mahasiswa untuk merayakan pemikiran dalam kritik nalar epistemologi keilmuan. Pusat studi dan kajian, laboratorium serta komunitas akademik yang berada di lingkungan Fakultas Syariah dirancang sebagai perwujudan community of learning dalam membangun tradisi intelektual. Adapun empat pusat studi itu adalah Pusat Studi Hukum, Pancasila, dan Konstitusi (PUSHPASI), Pusat Studi Hukum Keluarga, Gender dan Anak (PUSHAGA), Pusat Studi Hukum Ekonomi Syariah Kontemporer (PUSKAHES), Pusat Kajian Ushul Fiqh dan Maqashid al-Shariah (PKUM).

Penguatan Empat Komunitas Akademik: Wujud dari Community of Learning

Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dapat menjadi pilihan terbaik karena menyuguhkan atmosfer akademik yang kental dengan tradisi berfikir, berdebat, dan berdialektika. Suasana akademik itu mewarnai nafas perjalanan kehidupan civitas akademika Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Berikut empat komunitas akademik Fakultas Syariah, yaitu Komunitas Pecinta Astronomi Islam (KOMPAS), Komunitas Peradilan Semu (KOMPRES), Law Research and Debate Community (LRDC), dan Rumah Publikasi dan Jurnal.

Akselerasi Pemanfaatan dan Penguatan Laboratorium Keilmuan

Fakultas Syariah memiliki empat laboratorium, yaitu Laboratorium Peradilan Semu yang merupakan wadah pengembangan keilmuan mahasiswa, utamanya dalam aplikasi teori hukum acara perdata, hukum acara pidana, hukum acara tata negara pada persidangan di Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, dan Pengadilan Tatat Usaha Negara. Yang kedua adalah Laboratorium Mahkamah Konstitusi yang merupakan laboratorium MK pertama kali di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Laboratorium MK ini menjadi pelopor kajian-kajian yang mempertemukan gagasan-gagasan mengenai konstitusi dan konstitusionalisme dengan sudut pandang ilmu Syariah. Yang ketiga adalah laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan astronomi yang memadai, mulai dari theodolite, teropong, kalkulator, satu paket pengukuran arah kiblat, dan lain-lain.

Kawal Akselerasi Karir Jabatan Fungsional Dosen dengan Kasubdit Ketenagaan Diktis

Peningkatan mutu sumber daya manusia di Fakultas Syariah merupakan salah satu program prioritas. Saat ini Fakultas Syariah memiliki dosen dengan jabatan fungsional Guru Besar sejumlah 4 orang, Lektor Kepala 11 orang, Lektor 16 orang, dan Asisten Ahli sejumlah 21 orang. Dalam grand design pengembangan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, target ada tambahan 7 Guru Besar dan 15 Lektor Kepala pada tahun 2026. Sedangkan untuk jenjang pendidikan, target tambahan sejumlah 10 dosen yang akan menyelesaikan studi doktor pada tahun 2025.

Praktik Keterampilan Skill Mahasiswa melalui Rukyatul Hilal

Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar acara Rukyatul Hilal di Pantai Kalbut, Situbondo, untuk menentukan awal bulan Ramadan 1445 Hijriyah. Acara ini dihadiri oleh para ilmuwan dan praktisi hisab rukyat, organisasi masyarakat Islam, serta masyarakat umum yang turut berpartisipasi dalam observasi penentuan awal Ramadan. Dalam suasana yang penuh khidmat, para peserta Rukyatul Hilal berusaha dengan penuh kesungguhan untuk mengamati hilal atau bulan sabit baru yang menjadi tanda awal bulan Hijriyah. Pantai Kalbut dipilih sebagai lokasi untuk kegiatan ini karena kejernihan langit dan minimnya polusi cahaya yang memudahkan pengamatan langit.

Fakultas Syariah Rilis Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H

Laboratorium Falak bersama Komunitas Pecinta Astronomi (KOMPAS) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember merilis jadwal imsakiyah Ramadan 1445 H. Jadwal Imsakiyah ini telah didiskusikan dan disetujui oleh pihak Kementerian Agama Kabupaten Jember. Fakultas Syariah UIN KHAS Jember melalui Laboratorium Falak dan tim Komunitas Pecinta Astronomi telah menyusun jadwal Imsakiyah untuk memberikan kemudahan dan kesiapan masyarakat Muslim dalam menyambut dan menjalankan ibadah puasa, terutama berkaitan dengan waktu-waktu penting selama satu bulan penuh.

Prestasi Kelembagaan pada Akreditasi Unggul Prodi Hukum Keluarga

Program studi Hukum Keluarga (Ahwal al-Syakhsiyah) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember meraih predikat akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Capaian prestasi ini didapatkan tepat pada hari kedua bulan Ramadhan 1445 H atau bertepatan dengan tanggal 13 Maret 2024. Akreditasi Unggul merupakan peringkat teratas dalam tingkatan akreditasi yang mengisyaratkan mutu dan kualitas pendidikan pada program studi Hukum Keluarga di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ini telah berjalan dengan baik.

Fasilitasi Penerbitan Buku dan HKI Dosen dan Mahasiswa

Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember terus mendorong peningkatan publikasi ilmiah para dosen dengan memfasilitasi penerbitan buku dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk tahun 2024. Fakultas Syariah terus mendorong para dosen untuk produktif menulis, baik itu buku, artikel jurnal, hingga perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan hak paten. Dorongan tersebut tidak sebatas pada himbaun, namun penyediaan fasilitas penerbitan buku dan HKI secara gratis.

Persiapan Asesmen Lapangan Prodi Hukum Ekonomi Syariah menuju Unggul

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menggelar Forum Group Discussion Persiapan Asesmen Lapangan Program Studi untuk mendiskusikan hal-hal yang perlu dipersiapkan melalui  simulasi AL dengan menghadirkan Narasumber Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag yang berasal dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal utama yang dibahas dalam FGD kali ini  yaitu mereview LKPS dan LED Prodi HES. FGD ini merupakan bagian dari bentuk implementasi panca ekosistem pengembangan Fakultas  Syariah  yakni akreditasi program studi unggul.

Bangun Suasana Kekeluargaan, Fakultas Syariah Selenggarakan Tasyakuran dan Buka Puasa Bersama

Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar tasyakuran dan buka puasa bersama. Buka bersama keluarga besar Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dihadiri oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan bersama keluarga masing-masing. Kegiatan ini diawali dengan pembacaan tawassul dan sholawat nariyah sebagai bentuk doa bersama untuk kelancaran kinerja dan hajat Fakultas Syariah kedepannya. Selain buka puasa bersama, acara ini juga sebagai tasyakuran atas perolehan predikat unggul Program Studi Hukum Keluarga. Ini merupakan kado awal bagi kami untuk terus mengembangkan Fakultas Syariah bersama-sama.

Raih Predikat Unggul, Beri Apresiasi Tim Prodi Hukum Keluarga

Program studi Hukum Keluarga (Ahwal al-Syakhsiyah) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember meraih predikat akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Atas capaian prestasi ini, pimpinan Universitas dan Fakultas Syariah memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Koordinator Prodi Hukum Keluarga Inayatul Anisah, M. Hum, beserta tim pengelola Program Studi Hukum Keluarga lainnya. Apresiasi tersebut diberikan saat acara tasyakuran dan buka puasa bersama keluarga besar Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yang dihadiri oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan bersama keluarga masing-masing.

Teken Kerjasama dengan Perkumpulan Program Studi dan Dosen Hukum Ekonomi Syariah Indonesia

Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember melakukan penandatanganan kerjasama dengan Perkumpulan Program Studi dan Dosen Hukum Ekonomi Syariah Se-Indonesia (POSDHESI). Penandatanganan tersebut dilakukan disela-sela kegiatan Tasyakuran dan Buka Bersama Keluarga Besar Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Umum POSDHESI Dr. H. Abdul Mujib, M. Ag, yang juga Sekretaris Prodi Doktor Ilmu Syariah (S3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kerjasama ini bertujuan untuk mensinergikan potensi dan sumber daya para dosen di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, terutama para dosen dengan bidang keilmuan hukum ekonomi syariah.

Sinergi Penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Fakultas Syariah IAIN Madura

Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menjalin sinergi dengan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember dalam penguatan tri dharma perguruan tinggi. Hal ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Madura Siti Musawamah dan Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Wildani Hefni. Sinergi yang dijalin meliputi bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengajaran, termasuk pengelolaan jurnal ilmiah dan penyelenggaraan konferensi interansional. Penandatanganan kerja sama berlangsung saat kegiatan Kuliah Tamu Fakultas Syariah IAIN Madura Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024.

PUSHPASI Fakultas Syariah Gelar Seminar bersama Kemenkumham RI

Pusat Studi Hukum, Pancasila dan Konstitusi (PUSHPASI) Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menggelar webinar dengan tema Harmonisasi Regulasi, Peluang dan Tantangan Masa Depan Indonesia melalui media zoom meeting. Acara ini menghadirkan pemateri Unan Pribadi, S.H, M.H selaku Direktur Harmonisasi II Dirjen Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM RI dan Sholikul Hadi, M.H selaku Koorprodi HTN UIN KHAS Jember. Kegiatan ini harus terus dilakukan, agar para mahasiswa bisa belajar langsung kepada para pakar dan ahlinya. Ruang-ruang diskusi kita sediakan sebagai perwujudakan dari dialektika ilmu pengetahuan.

Kirim Delegasi Mahasiswa dalam Kompetisi Legal Drafting Biro Hukum Kemenag RI

Legal drafting merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) berkaitan dengan perancangan peraturan perundang-undangan dan instrumen hukum lain. Fakultas Syariah menjaring mahasiswa untuk mengikuti kompetisi yang digelar Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Agama RI antar Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Tahun 2024.

Pengajuan Akreditasi Jurnal Constitution

Jurnal Constitution Fakultas Syariah telah melakukan submission untuk akreditasi periode pertama tahun 2024. Jurnal di lingkungan Fakultas Syariah dipetakan potensinya, sehingga yang diproyeksikan untuk terakreditasi nasional, dan ada juga yang diproyeksikan bereputasi internasional terindeks Scopus. Jurnal Constitution diproyeksikan untuk dapat terakreditasi nasional.

Songsong Transformasi Internasionalisasi, Fakultas Syariah Siapkan Overseas Student Mobility Program & International Islamic Comparative Study ke 3 Negara

Fakultas Syariah menyiapkan launching program Overseas Student Mobility Program & International Islamic Comparative Study ke 3 Negara yang akan dilaksanakan pada bulan September mendatang. Kegiatan ini akan mengirim mahasiswa untuk mengikuti pelatihan academic writing di tiga negara, sekaligus juga mempresentasikan hasil risetnya di tiga kampus terkemuka di wilayah Asia. 

Kontributor: Fasya Media

Berita Terbaru

Kunjungan Studi Tiru dari Fakultas Syariah IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi ke Fakultas Syariah UIN Khas Jember
29 May 2024By syariah
Komunitas Pecintas Astronomi Islam Fakultas Syari'ah UIN KHAS Jember Gelar Istiwak A'zam (Rushdul Qiblat)
29 May 2024By syariah
Komunitas Peradilan Semu Fakultas Syari'ah UIN KHAS Jember Gelar Rangkaian Kegiatan Pelatihan Bulan Pidana 2024
29 May 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;